Thursday 19 March 2015

Mengenal Jahe Gajah Dan Manfaatnya

hasil panen jahe gajah
Jahe dengan nama latin Zingiber officinale adalah salah satu komoditi yang populer di Indonesia, bukan hanya sebagai bumbu masakan namun juga sebagai obat herbal. Jahe dikelompokkan ke dalam suku temu-temuan bersama kunyit, temulawak, lengkuas dan lain-lain. Tanaman jahe hanya bisa bertahan hidup di daerah beriklim tropis. Jahe sendiri pada dasarnya dibagi lagi ke dalam beberapa jenis yaitu jahe merah, jahe emprit dan jahe gajah. dari ketiga jenis ini, jahe gajah lah yang memiliki ukuran yang paling besar dan daging yang padat Tak sedikit pula yang percaya bahwa jenis jahe gajah 
merupakan jahe dengan kualitas paling unggul.

Ciri ciri jahe gajah :

1. Memiliki rimpang yang besar
2. Jika di bandingkan dengan jahe merah dan emprit, ruad rimpang jahe gajah cenderung kembung
3. Rimpang jahe gajah biasanya berwarna kuning atau kuning muda
4. Seratnya sedikit dan cenderung lebih lembut dan halus

Kandungan gizi jahe gajah:

Kandungan
Nilai
Kalori
80 kkal
Protein
1,8 gram
Total lemak
0,8 gram
Total kanbonhidrat
18 gram
Sodium
13 mg
Kalium
415 mg
Vitamin B-6
10 %
Vitamin C

Iron

Magnesium

Kalsium
8 %

3 %

10 %

1 %


Manfaat jahe gajah bagi kesehatan
  1. Mengobati masuk angin. Siapkan jahe gajah yang sudah tua kira-kira sebesar ibu jari dan jangan lupa cuci bersih, keprok jahe lalu rebus dengan tambahan air dua gelas, kasih gula aren secukupnya. rebus ± 1/4 jam (15 menit). lalu , minum ramuan selagi hangat.
  2. Mengobati sakit kepala atau migrain (sakit kepala sebelah). siapkan jahe seukuran ibu jari, bersihkan, bakar lalu keprok. seduh dengan segelas air dan kasih sedikit gula aren, minum sekaligus. Buat dan minum ramuan ini sehari tiga kali.
  3. Ramuan pencegah mabuk kendaraan. Siapkan jahe kira-kira sebesar ibu jari, cuci dan iris tipis, lalu rebus dengan segelas air. Minum obat yang dibuat selagi hangat sebelum naik kendaraan.
  4. Obat terkilir. Jahe dua ruas dicuci bersih lalu parut, tambahkan sedikit garam. Balurkan ramuan pada anggota tubuh yang terkilir. Baluran bisa dilakukan dua kali sehari sampai anggota tubuh yang terkilir kembali normal.
  5. Bercak putih pada kulit karena kehilangan pigmen (Vitiligo). Jahe ± 30 gr dicuci bersih lalu dijus. Balurkan jus pada bagian kulit yang menderita vitiligo.
  6. Obat terserang cacing gelang. Jahe ± 60 gr yang masih segar segar dicuci bersih. Lumatkan, campur dengan segelas air. Saring dan tambahkan madu satu sendok makan. Minum ramuan sehari tiga kali.
  7. Mengobati rematik. Siapkan terlebih dahulu satu atau dua rimpang jahe. Panaskan di atas api atau bara lalu tumbuk. Selanjutnya, tempel tumbukan jahe pada bagian yang terasa sakit.
Itulah tadi ulasan singkat tentang Khasiat Jahe Gajah sebagai salah satu alternatif Tanaman Obat Keluarga (Toga) yang bisa kita budidayakan sendiri di kebun rumah. Terima kasih atas kunjungannya dan membaca berbagai Tips dan Info Kesehatan di blog sederhana ini. 

nb: bagi anda yang membutuhkan bibit jahe kami menyediakan bibit jahe gajah dan jahe merah yang berkualitas dan telah memenuhi standar pembibitan , untuk cara order silahkan baca disini




No comments:

Post a Comment